DAFTAR ISI

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI KISS SMANJI

Kamis, 27 November 2008







1.1 Kegiatan KISS
1 pemberian materi ke-KIR-an dan penelitian
2 tugas resume buku bacaan, bedah buku, diskusi agama, kunjungan ke Ilmuan/ulama
3 konsultasi pembuatan karya ilmiah
4 pembuatan kliping dinding/mading/buletin
5 karya tulis untuk artikel media resensi buku
6 penelitian lapangan ke pabrik/obyek wisata /karya wisata
7 pengelolaan perpustakaan/taman bacaan KIR
8 wisata kampus
9 kemah ilmiah
10 seminar problema remaja , loka karya KIR

1.5 Mamfaat
1. Bagi Siswa
o meningkatkan daya nalar kreatifitas dan kritismembangkitkan rasa ingin tahu,
o menambah wawasan pemikiran terhadap iptek
o memperluas komunikasi positif
o dapat berorganisasi yang baik
o bersikap ilmiah
o dapat memotivasi dalam belajar sehingga berprestasi, mandiri, agamis, untuk persiapan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
2. Bagi Guru
Memperluas wawasan terhadap perkembangan iptek-imptak tarampil dalam pembinaan KIR dan karya ilmiah , menambah khasanah pengetahuan dalam pendidikan formal di sekolah, menjadi tauladan dalam bersikap ilmiah dan agamis, menambah nilai prestasi (nilai kredit guru)
3. Bagi Sekolah.
membentuk iklim/budaya ilmiah (budaya iptek-imtak) di sekolah wahana yang efektif untuk mengembangkan potensi dan sistematika pengalaman antar sekolah, memberikan nilai tambah kredibilitas, prestasi dan prestise sekolah, membangun dan memperluas hubungan kerja sama dengan instansi terkait.Bagi Masyarakat, meingkatkan sikap kritis dan terbuka terhadap permasalahan yang terjadi dilingkungannya, membantu memberikan alternatif penyelesaian sosial budaya (kenakalan remaja)kriminalitas remaja, dieksidensi moral dll) melalui kegiatan penelitian, membangun dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan, penguasaan iptek-imtak
4. Bagi Masyarakat
meningkatkan sikap kritis dan terbuka terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungannya, membantu memberikan alternatif penyelesaian sosial budaya (kenakalan remaja)kriminalitas remaja, dieksidensi moral dll) melalui kegiatan penelitian, membangun dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan, penguasaan iptek-imtak

4.5 Fungsi dan Peran
Dari aktivitas pembinaan dan kepengurusan KISS, maka KISS dapat menjadi warna keilmiahan di sekolah dangan ciri gerakannya :
1. KISS Sebagai Inisiator
KIR menjadi ‘penjual ide” kegiatan keilmuan dilingkungannya, aktivitas KIR terus--menerus mengembangkan keilmuan dan mampu membawa lingkungannya dalam tradisi remaja
.
2. KISS sebagai Motivator
KISS mampu menumbuhkan semangat “cinta ilmu’ dan dapat menggerakkan lingkungannya dalam tradisi terpelajar dan tradisi berprestasi dalam meraih iptek-imtak.
3. KISS sebagai Fasilitator
KISS dapat dijadikan sarana meningkatkan kualitas keilmuan dengan keterlibatan sebagai faslititator sekolah dengan lembaga riset/lembaga pendidikan.Dengan demikian KISS menjadi pelopor, pendobarak dan tauladan untuk berbudaya Islami, berbudaya ilmiah dan berbudaya prestasi di sekolah.
4. KISS sebagai Forum Komunikasi
Dapat dipahami bahwa kehadiran KISS di lingkungan SMA Negeri 1 Sukahaji sangatlah essensial unutk melangsungkan dan mempercepat proses pendidikan dengan jalur keterpaduan iptek-imtak. Oleh karena itu, KISS selayaknya menjadi program unggulan di sekolah. Sebagai langkah awalnya pengembangan KISS ini dapat dilaksanakan dengan penawtaan organisasi di sekolah . Pada tahp selanjutnya membentuk forum komunikasi antar Kelompok Ilmiah Remaja antar sekolah dan atau membuka kerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan. Adanya kerja sama ini memungkinkan kelancaran aktivitas KISS
5. KISS sebagai Wadah Kreatifitas
Tidak banyak siswa SMA menekuni bidang ini, kebanyakan dari mereka menganggap kegiatan itu selalu berkutik pada hal-hal yang rumit-rumit. Asumsi ini hendaknya jangan dijadikan harga mati. Di dalam KISS untuk pertama kalinya mungkin akan dirasakan begitu beratoleh siswa. Tetapi itu adalah awal mula bagaimana dididik untuk berkarya. Di dalam KISS , siswa mungkin akan menjumpai awal baru (bagi anggota yang baru) yaitu dunia tulis-menulis. Bagaimana cara membuat laporan yang betul, bagaimana caranya reportase, memahami orang-orang disekitar

Comments :

0 komentar to “ ”