DAFTAR ISI

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI KISS SMANJI

Kamis, 27 November 2008

ESKUL KISS SMAN 1 SUKAHAJI

PROGRAM KEGIATAN TAHUN 2007/2008
KELOMPOK ILMIAH DAN SASTRA SISWA
( K I S S )
SMA NEGERI 1 SUKAHAJI

PEMERINTAH KABUPATEN MAJALENGKA
DINAS PENDIDIKAN
UPTD SMA NEGERI 1 SUKAHAJI


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Menyadari bahwa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang dibarengi jiwa iman dan takwa (imtak) adalah tuntutan dalam menghadapi era globalisasi dan informasi.Siswa SMA Negeri 1 Sukahaji dalam kiprahnya sebagai generasi muda harapan bangsa tidak bisa lepas dari tuntutan penguasaan iptek dan imtak.
Proses pembelajaran untuk penguasaan iptek ini, tidak cukup hanya mengandalkan kegiatan intrakuriler semata. Keterikatan akan kurikulum dan target formal akademiknya, tidak akan sejalan dengan percepatan perubahan iptek yang berkembang pesat.
Sebagai upaya untuk membudayakan iptek danm imtak di kalangan siswa, adalah dengan memfasilitasi kegiatan di luar jam belajar sekolah dengan kegiatan yang bercirikan sikap berfikir ilmiah dan aplikasinya dalam kehidupan. upaya ini adalah dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bidang kajian ilmu yang diminatinya. Wadahnya adalah Kelompok ilmiah Remaja ( KIR )
Kemandirian KIR, nampaknya perlu lebih dikedepankan dan menjadi prioritas di sekolah untuk menjembatani berbagai kesenjangan penerapan pendidikan iptek-imtak sehingga dapat mempercepat transfer ilmu dan transfer nilai dari iptek dan imtak.
Kedudukan KIR ini pada dasarnya merupakan pendidikan non formal dalam bentuk kegiatan di bidang out of school scientific and technical activities, suatu bentuk kegiatan dibidang iptek yang diselenggarakan di luar kurikulum sekolah, sebagai pendidikan tambahan bagi para siswa di sekolah guna mengejar ketertinggalan mereka akibat pesatnya perkembangan iptek yang sulit dikejar oleh pendidikan formal.

1.2 Maksud dan Tujuan
Tujuan pembinaan siswa di dalam keanggotaan KISS adalah :
1. Meningkatkan tradisi keilmuan dikalangan siswa.
2. Mempersiapkan siswa untuk menjadi intelek unggul.
3. Meningkatkan kesadaran tentang pentingnya IPTEK dan IMTAK


1.3 Sejarah Kelompok Ilmiah dan Sastra Siswa
KISS SMAN 1 Sukahaji kependekan dari Kelompok Ilmiah dan Sastra Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sukahaji. KISS merupakan salah satu organisasi ekstrakurikuler siswa yang otonom di bawah naungan OSIS SMAN 1 Sukahaji. Dengan segala keterbatasan sarana maupun personal sebagai sekolah yang berdiri belum berusia lama, KISS sebenarnya merupakan gabungan dari Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dan Kelompok Pencinta Sastra.
Meskipun KISS secara nyata termasuk kegiatan ekstrakurikuler siswa mulai tahun pelajaran 2007/2008, namun kepengurusan organisasi baru dibentuk tanggal 1 November 2007. Dengan demikian, KISS resmi berdiri tanggal 1 November 2007.
Latar belakang berdirinya KISS diawali dengan adanya berbagai keinginan dan guru-guru untuk :
1. menampung bagi siswa yang berprestasi dalam belajar.
2. mempersiapkan siswa dalam rangka keikutsertaannya dalam LKTI tingkat SMA sederajat.

Comments :

0 komentar to “ESKUL KISS SMAN 1 SUKAHAJI”